Pages

SELAMAT DATANG DI BLOG SEKSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TANGERANG

Kegiatan Manasik Haji


Seksi Pendidikan Agama Islam (PAIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang menggelar acara manasik haji di Dikdasmen Citra Islami yang beralamat di Perumahan Citra Raya, Ciakar Kec. Panongan. Latihan manasik haji ini sebagai salah satu media mengenalkan rukun Islam kelima kepada peserta didik.
“Kegiatan manasik haji ini di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang pada hari Jum’at tanggal 28 Sptember 2014. Dalam acara pembukaan kegiatan manasik haji Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang memberikan penyemetan secara simbolik kepada para peserta SD, SMP dan SMA/K, kegiatan ini di ikuti oleh peserta siswa/i SD : 300 orang, SMP : 300 orang dan SMA/K : 350 orang”.
Melalui manasik haji ini kami ingin mengenalkan sekaligus mengambil hikmah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ibadah yang dilakukan dengan cara berpraktek langsung akan memudahkan siswa/i memahami terhadap salah satu kelima rukun Islam kelima yakni haji.
“Manasik haji yang kami lakukan ini persis apa yang dilakukan di Mekkah karena ada bangunan kakbahnya. Bahkan siang panas menandakan siswa/i tengah wukuf di Arofah. Saat manasik haji, mereka membayangkan berada di Mekkah” .
Tujuan Manasik Haji ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman ilmu dasar manasik haji kepada siswa/i SD, SMP dan SMA/K sehingga yang sudah mampu untuk melaksanakan ibadah haji memiliki ketertarikan untuk melaksanakan rukun islam ke 5 tersebut. (Hari Wiyono, S.Kom)

Kumpulan Foto Kegiatan